Situs Web Kesehatan

Artikel Kesehatan

11 Manfaat Buah Kersen, Buah dari Tumbuhan Liar dengan Khasiat Menjanjikan

Manfaat Buah Kersen_Kersen, atau lebih dikenal dengan nama talok, keres, kersem, ataupun baleci merupakan tumbuhan pepohonan liar yang banyak tersebar di Indonesia. Meski begitu, tak banyak yang tahu bahwa manfaat buah kersen sangat berguna untuk kesehatan dan kecantikan. Bahkan, si mungil berukuran kecil dengan warna merah ini disinyalir mampu melawan beberapa penyakit tertentu.
Manfaat Buah Kersen
Menilik soal khasiat, pohon yang memiliki nama latin Mutingia Calabura ini memang terbukti mempunyai manfaat yang menjanjikan. Hebatnya, pohon kersen dapat tumbuh di mana saja, bahkan di tanah yang kering sekalipun. Selain itu, buah ini juga tak mengenal musim, jadi pohon kersen akan terus memproduksi buah sepanjang tahun. Lalu, apa saja manfaat buah kersen? Berikut daftarnya.

1. Mengatasi pilek dan flu
Pilek dan flu merupakan penyakit yang paling sering mendatangi ketika cuaca kurang bersahabat dan imun tubuh sedang dalam keadaan lemah. Untuk mengatasinya, konsumsi makanan tinggi vitamin C sangat dianjurkan guna memulihkan sistem kekebalan tubuh yang melemah. Di dalam buah kersen sendiri memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan ini bisa menyingkirkan pathogen yang menyerang tubuh, sehingga proses penyembuhan lebih cepat.

2. Mengontrol gula darah
Para penderita diabetes acapkali diharuskan untuk mengurangi atau bahkan menghindari makanan manis agar gula darahnya tetap terkontrol. Meski begitu, terdapat pengecualian untuk makanan-makanan manis tertentu untuk tetap dapat dinikmati, salah satunya adalah buah kersen. Rasanya memang manis dan mengggiurkan, namun buah ini aman dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk penderita diabetes sekalipun.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine pada 2011 lalu, ditemukan bahwa pemberian 500 mg ekstrak buah kersen dapat menurunkan kadar gula darah secara signifikan. Hal ini membuktikan bahwa meski manis dan menggemaskan, buah kersen memiliki kemampuan mengontrol dan menstabilkan gula darah dalam tubuh, bahkan mampu menurunkan dosis injeksi insulin.

3. Mengatasi masalah pencernaan
Buah kersen alias talok juga dikenal memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan. Dilansir dari Medical Daily, efek yang terkandung dalam buah kersen dinilai sebanding dengan efek obat omeprazole. Omeprazole sendiri merupakan obat yang sering digunakan untuk mengatasi sakit perut, maag, dan juga GERD.

Penelitian lain pada tahun 2012, diterbitkan oleh Clinical & Experimental Pharmacology, menunjukkan bahwa pemberian ekstrak buah kersen sebelum etanol dapat mengurangi pembentukan ulkus lambung. Tak hanya itu, senyawa antiinflamasi yang terkandung di dalamnya dipercaya mampu menetralkan asam lambung dan memberi lapisan pelindung pada mukusa lambung.

4. Mengatasi asam urat
Penyakit asam urat biasanya dipicu karena adanya peradangan akibat terlalu banyak asam urat menumpuk dan menyebabkan kristalisasi pada bagian sendi. Kondisi inilah yang menyebabkan penderita mengalami rasa nyeri yang menyiksa hingga terjadi pembengkakan. Anda bisa memanfaatkan buah kersen untuk mengatasinya dengan cara mengkonsumsi secara rutin dan mencukupi kebutuhan air dalam tubuh.

Selain mengkonsumsi buahnya, Anda juga bisa memanfaatkan daun kersen untuk mengatasi asam urat ini. Caranya mudah, rebus daun kersen kedalam air mendidih selama beberapa menit. Dinginkan, lalu saring dan ambil airnya. Minum secara rutin setiap hari. Sifat antiinflamasi yang dimilikinya akan membantu mengurangi endapan asam urat pada persendian.

5. Mengatasi bakteri dan mikroba berbahaya
Bakteri kini sudah berkembang dan bermutasi menjadi semakin kuat dan adaptif terhadap lingkungannya. Bahkan beberapa antibiotik yang diperkenalkan ilmu kedokteran kadang tak mampu lagi melawannya. Selain itu, penggunaan antibiotik tidak dapat dilakukan sembarangan dan berlebihan karena malah akan memicu bakteri tersebut semakin kuat dan resisten.

Buah kersen dikenal memiliki sifat antibakteris yang disinyalir dapat menjadi antibiotik alami untuk mengatasi bakteri susu, difteri, sepsis, hingga infeksi staph. Selain itu, dalam daun kersen terdapat senyawa seperti tanin, flavonoid, dan saponin yang memiliki sifat antiseptik. Jadi, makan buah dan meminum air rebusan daun talok disinyalir mampu melawan bakteri dan mikroba jahat yang menyerang.

6. Mencegah dan menghilangkan jerawat
Tak hanya bermanfaat dalam bidang pengobatan, si kecil mungil kersen ini juga dikenal memiliki khasiat dalam bidang kecantikan, terutama mengatasi masalah jerawat. Anda dapat mengaplikasikan buah ini sebagai masker yang menyehatkan. Caranya cukup dengan menghaluskan talok dan membalurkannya pada kulit yang berjerawat. Karena berbahan alami, Anda harus sabar dan rutin melakukannya setiap malam menjelang tidur.

7. Sumber antioksidan
Tiap harinya tubuh terpapar radikal bebas dan mengalami proses oksidasi. Karenanya, tubuh perlu penangkal berupa antioksidan agar imun tak gampang menurun. Sebagai sumber antioksidan alami, buah kersen memiliki lebih kurang 24 senyawa flavonoid dan fenonil di dalamnya. Artinya, si kersen ini memiliki kadar antioksidan yang tinggi. Ditambah kandungan vitamin A dan C, serta betakaroten di dalmanya.

8. Sumber nutrisi
Karena tumbuh liar dan tak membutuhkan perawatan khusus layaknya tanaman lain, banyak orang yang menganggap enteng si talok ini. Padahal, banyak sekali kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Sebut saja serat, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin A, B, C, hingga zat besi. Di beberapa negara, buah ini diolah menjadi jeli, selai, atau bahkan suplemen.

9. Menjaga kesehatan jantung
Ekstrak daun kersen diketahui memiliki senyawa yang dapat melindungi miokardium. Miokardium merupakan lapisan otot jantung yang memiliki tugas memompa jantung dan memasok darah ke seluruh tubuh. Konsumsi daun kersen secara teratur menunjukkan dampak yang signifikan pada penurunan kebocoran enzim miokardium.

Selain itu, kandungan senyawa dalam daun dan buah kersen dipercaya memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Keduanya memiliki kemampuan melancarkan aliran darah agar jantung tetap sehat. Untuk itu, sangat dianjurkan mengkonsumsi buah dan daun kersen secara rutin guna menjaga kesehatan jantung, serta agar terhindar dai penyakit kardiovaskular.

10. Menjaga kesehatan kulit agar awet muda
Meski tergolong pepohonan liar yang tak menarik dipandang, nyatanya buah kersen dapat membantu menjaga kesehatan kulit agar terlihat awet muda. Sejumlah antioksidan dan vitamin C yang terkandung di dalamnya memiliki peranan penting dalam hal ini. Keduanya sangat efektif untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini dan menjaga elastisitas kulit. Ditambah, mengkonsumsi buah ini bisa membuat wajah menjadi lebih berseri alami.

11. Membantu menurunkan berat badan
Konsumsi buah kersen secara rutin dipercaya mampu membantu Anda menurunkan berat badan. Hal ini karena kandungan serat dan karbohidrat yang terkandung di dalamnya bisa membuat Anda menahan lapar lebih lama. Selain itu, jumlah kalorinya yang sedikit sesuai bentuknya yang kecil mungil, membuatnya aman dikonsumsi sebagai camilan sehat saat melakukan diet.

Berbagai manfaat buah kersen di atas bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi secara rutin dan dalam jumlah tertentu. Mengingat banyaknya khasiat yang dimiliki dan mudahnya perawatan tanaman ini, tak ada salahnya jika Anda membudidayakan pohon ini di rumah. Selain memanfaatkan buah dan daunnya sebagai media obat, pohon ini juga akan memberikan kesan teduh pada pekarangan Anda.
Back To Top