Situs Web Kesehatan

Artikel Kesehatan

7 Manfaat Kelapa Sawit

Manfaat Kelapa Sawit_Sebagai salah satu tanaman yang dijadikan industri dan memiliki berbagai manfaat, kelapa sawit sengaja dikembangkan pada berbagai daerah di Indonesia. Tahukah Anda bahwa pada dasarnya tanaman ini bukan tanaman asli Indonesia, melainkan tanaman yang berasal dari Afrika. Tanaman ini dibawa oleh orang Belanda dan pertama kali ditanam di Kebun Raya Bogor pada tahun 1848.
Manfaat Kelapa Sawit
Dengan hasilnya yang tumbuh subur, tanaman ini kemudian dijadikan salah satu menjadi tanaman budidaya yang dikomersialkan di seluruh Indonesia. Beruntungnya, tanaman ini hanya dapat tumbuh pada daerah tropis dan memiliki curah hujan yang tinggi seperti di Indonesia sehingga kelapa sawit menjadi industri yang dikembangkan pada pemerintah Indonesia pada tahun 1910 hingga saat ini. Setelah dipelihara dengan baik dan tentunya melalui proses yang sangat panjang, temuan pada tanaman ini juga semakin bervariasi pada masing-masing bagiannya.

Tahukah Anda bahwa kelapa sawit alami memiliki kandungan nutrisi yang mampu mencukupi gizi manusia? Ternyata, beragam kandungan nutrisi yang terdapat pada tanaman ini memiliki manfaat yang dapat melengkapi gizi sehingga dapat menunjang kesehatan Anda. Penjelasan lebih lengkapnya akan dibahas pada penjelasan di bawah ini.

Kandungan Nutrisi Kelapa Sawit
Sebagai konsumen, apakah Anda sudah menjadi konsumen aktif pada bahan olahan kelapa sawit? Jika belum, penjelasan tentang kandungan nutrisi kelapa sawit ini akan membantu memberikan informasi kepada Anda bahwa sangatlah penting mengonsumsi tanaman ini dalam kehidupan sehari-hari.

Tanaman jenis ini dapat digunakan sebagai bahan baku minyak goreng karena memiliki kandungan hampir 50% asam lemak jenuh dan mengandung hampir 50% lemak tidak jenuh. Di sisi lain, terdapat kandungan omega 9 juga sehingga melengkapi pembuatan minyak goreng pada jenis tanaman ini.
Seperti pada kandungan yang dimiliki, hasil olahan terbaik pada jenis tanaman ini adalah dalam bentuk minyak goreng alami. Minyak goreng yang dibuat dari bahan yang berasal dari tanaman alami ini juga sangat aman untuk kesehatan.

Adapun kandungan nutrisi yang terdapat di dalam minyak sawit ini adalah karoten atau yang disebut vitamin A, tokoferol dan tocotrienol atau yang disebut vitamin E yang keduanya memiliki kadar yang tinggi sehingga mengandung zat antioksidan.

Selain itu minyak sawit juga memiliki kandungan lemak nabati yang sangat cocok untuk memenuhi gizi si kecil sebagai salah satu makanan utamanya. Tentunya kandungan lemak nabati pada minyak ini menjadi salah satu bahan pembuatan susu formula pada bayi sehingga dapat dikonsumsi setelah penggunaan ASI.

Manfaat Kelapa Sawit 
Ternyata kelapa sawit memiliki manfaat yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. beberapa manfaat dalam bentuk minyak sawit ini dibedakan dalam tujuh aspek yang masing-masing memiliki peran dan fungsi yang berbeda.

1. Bahan bakar mesin
Sawit memiliki manfaat sebagai bahan bakar mesin yaitu diesel. Diesel ini sering digunakan sebagai kendaraan perdagangan dan pertambangan, selain itu diesel juga dapat digunakan sebagai alat pembangkit listrik. Mesin diesel ini biasanya digunakan untuk mengangkut hasil perkebunan, pertambangan, serta mendistribusikan hasil olahan ke berbagai wilayah.

Sebagai bahan bakar, minyak kelapa sawit ini memiliki kandungan yang dinilai lebih ramah lingkungan daripada bahan bakar diesel biasanya. Penggunaan minyak sawit pada mesin diesel ini dapat menjadi salah satu program pembangunan lingkungan yang berkelanjutan.

2. Bahan pengawet alami
Kandungan antioksidan alami yang terdapat pada jenis tanaman ini memberikan manfaat sebagai pengawet yang tentunya alami juga. Anda dapat membuat berbagai jenis makanan yang menggunakan kelapa sawit sebagai salah satu bahan dasar pembuatannya. Sehingga dapat menambah jangka waktu konsumsi makanan Anda.

3. Bahan baku minyak goreng
Minyak goreng memang merupakan salah satu kebutuhan yang paling sering digunakan untuk memasak. Anda tentu tahu bahwa minyak goreng yang dipakai maupun yang beredar di pasaran menggunakan salah satu bahan minyak sawit dalam pengolahannya.

Minyak goreng ini sangat sering digunakan baik di dalam rumah tangga, restoran, dan tempat lainnya yang menggunakan minyak goreng sebagai kebutuhan seperti industri makanan. Sekali lagi, minyak goreng pada kelapa sawit memiliki kandungan alami sehingga aman untuk kesehatan.

4. Bahan makanan hewan
Setelah diolah, buah dari tanaman ini memiliki ampas yang juga berguna bagi makhluk hidup. Ampas pada kelapa sawit ini memiliki manfaat sebagai salah satu bahan makanan bagi hewan ternak yang Anda pelihara atau yang terdapat di sekitar.

Jika ampas pada kelapa sawit ini dibuang pada daerah yang terbuka, beberapa hewan liar juga akan mengonsumsinya seperti contohnya babi hutan. Intinya ampas pada tanaman ini akan berfungsi sebagai salah satu alternatif makanan pada hewan yang tinggal secara liar di luar sana.

5. Bahan kompos atau pupuk
Banyaknya ampas yang diperoleh dari buah maupun daun pada sawit ini dapat dijadikan sebagai bahan kompos atau pupuk untuk kelapa sawit yang masih baru ditanam. Anda juga dapat menggunakan pupuk sawit ini sebagai pupuk pada tanaman yang lainnya.

Beragam kandungan dan nutrisi baik yang terdapat di dalam sawit akan memberikan nutrisi yang positif pula terhadap tanaman yang diberi pupuk dari salah satu jenis tanaman ini. Sehingga diharapkan tanaman tersebut akan tumbuh dan berkembang dengan baik.

6. Bahan baku alat pembersih
Mungkin bagi Anda yang menyukai produk kecantikan pasti mengetahui bahwa salah satu manfaat dari tanaman sawit adalah sebagai salah satu bahan pembuatan lotion dan krim kulit. Kandungan yang terdapat di dalamnya memberikan dampak positif juga bagi kulit Anda.

Adapun minyak dari kelapa sawit ini akan dijadikan sebagai produk berupa serum maupun vitamin yang secara khusus dibuat untuk memberikan hasil positif dan kesehatan pada kulit. Sehingga aman untuk digunakan bahkan pada usia muda sekalipun.

7. Bahan baku pemoles
Hasil olahan minyak pada tanaman ini memiliki manfaat sebagai oli atau pelumas yang dapat digunakan untuk melumasi bagian pada mesin maupun pada perangkat lain yang membutuhkan. Olahan minyak ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan campuran pada oli sehingga dapat memberikan fungsi oli untuk melumasi mesin.

Selain itu, minyak ini juga berfungsi sebagai pelapis baja dan besi sehingga akan meningkatkan ketahanan terhadap timbulnya karat. Minyak kelapa sawit ini dapat melembapkan bagian pada luar sehingga menghindari terjadinya kering dan karatan.

Penjelasan tentang kelapa sawit di atas tentunya dapat menjadi informasi tambahan agar mendapatkan motivasi untuk menggunakan bahan olahan sawit dalam konsumsi Anda. Adapun kandungan nutrisi pada jenis tanaman ini akan memberikan berbagai manfaat yang dapat digunakan untuk menyehatkan tubuh.

Selain memiliki kandungan yang bagus untuk kesehatan, tanaman ini juga ramah terhadap lingkungan sehingga dapat menjadi salah satu program pemerintah dalam melakukan pembangunan lingkungan yang berkelanjutan.
Back To Top