Situs Web Kesehatan

Artikel Kesehatan

7 Manfaat Buah Naga Kuning

Manfaat/Khasiat Buah Naga Kuning_Buah naga telah lama dikenal kepopulerannya dan mudah ditemukan di berbagai sudut kota Indonesia. Yang tak banyak orang tahu, ada varian buah naga kuning yang tak kalah bernutrisi dibandingkan jenis buah naga merah yang lebih populer. Buah ini memang memiliki ukuran lebih kecil dengan warna kuning mencolok di bagian kulitnya. Namun, harga yang dipatok sangatlah fantastis mencapai 200 hingga 300 ribu per kilogramnya.
Manfaat Buah Naga Kuning

Memiliki fisik yang berbeda dibanding buah naga lainnya, si naga mungil berwarna kuning ini sebenarnya bernama asli Selenicereus megalanthus dan berasal dari Amerika bagian Selatan. Si kuning ini memiliki pohon mirip kaktus berduri dengan ukuran batang yang lebih pendek dibanding buah naga merah, putih ataupun hitam. Meski berkulit kuning, daging buah ini berwarna putih cenderung transparan dengan biji yang lebih besar dibanding biji buah naga lainnya.

Kandungan nutrisi buah naga kuning
Nutrisi yang terdapat pada buah naga kuning sebenarnya tak jauh berbeda dengan buah naga varietas lainnya. Hanya saja, jumlah nutrisi pada buah ini diyakini lebih unggul, terutama dari segi magnesium, fosfor, dan kalium yang dikandungnya. Ditambah, kandungan sakrosa dan fruktosa pada buah ini disinyalir lebih tinggi dibandingkan buah naga jenis lainnya. Karenanya, si kuning terasa lebih manis dan segar.

Secara lebih rinci kandungan buah yang dijuluki yellow pitaya ini mengandung energi sebesar 50 kalori per 100 gramnya. Selain itu, juga terkandung 11 gram karbohidrat, 1,1 gram protein, 3 gram serat, dan 0,4 gram lemak. Ditambah beberapa jenis vitamin yang dimiliki berupa 20,5 mg vitamin C, 0,04 vitamin B1, 0,05 mg vitamin B2, dan 0,16 vitamin B3.

Yellow pitaya juga diyakini mengandung 1,9 gram zat besi, 22,5 mg fosfor, dan 8,5 mg kalsium. Perpaduan kandungan serat, fosfor, kalsium, vitamin B2 dan vitamin C inilah yang disinyalir memberikan efek menyehatkan bagi tubuh. Kombinasi yang apik tersebut dipercaya ampuh membantu mengeluarkan racun logam dari dalam tubuh. Racun-racun inilah yang bisa memicu tumbuhnya sel kanker.

Manfaat buah naga kuning
Di balik bentuk kecil yang ditampakkannya dibandingkan buah naga biasa, si kuning ini memiliki berbagai khasiat yang tak kalah banyaknya. Beberapa manfaat buah naga kuning adalah sebagai berikut;

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Tak jauh berbeda dengan buah naga varietas lain, si kuning mengandung antioksidan dan kadar vitamin C yang cukup tinggi. Keduanya merupakan kombinasi penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Mengkonsumsi buah ini secara teratur dapat pula membantu sel darah putih menjalankan fungsinya untuk melindungi tubuh dari bakteri dan mikroba yang membahayakan. Selain itu, dukungan vitamin B, kalsium, protein, fostor, zat besi, niacin, dan serat, turut menambah keapikan kombinasi ini.

2. Mencegah kanker
Buah naga berkulit kuning dipercaya merupakan makanan super yang mampu mencegah penyakit kanker. Antioksidan yang terkandung di dalamnya, selain berfungsi untuk menjaga sistem imunitas, juga penting dalam menangkal polutan dan radikal bebas yang masuk ke tubuh. Polutan dan radikal bebas ini nantinya akan membentuk toksin yang berbahaya bagi kesehatan.

Selain itu, buah naga jenis ini kaya akan kandungan karotin yang memiliki kemampuan antikarsinogenik untuk mencegah perkembangan tumor. Berdasarkan penelitian yang dilansir oleh Asian Pacific Journal of Cancer Prevention di tahun 2011 lalu, pola diet rendah lemak, asupan yang tepat dari makanan yang mengandung lycopene (seperti dalam buah naga), serta berbagai aktivitas positif yang mendukung bisa mengurangi resiko kanker prostat.

3. Menjaga kesehatan mata
Berkat kandungan betakaroten yang dimilikinya, buah naga berwarna kuning terang ini mampu membantu tubuh untuk menjaga dan mencerahkan kornea mata. Tak hanya itu, zat ini turut pula berperan dalam melindungi sel-sel mata dari bahaya sinar UV. Selain itu, zat ini disinyalir mampu meminimalisir resiko kebutaan malam hari atau night blindness dan degenerasi mata yang disebabkan usia senja.

Masih berhubungan soal mata, buah naga ini juga memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang mumpuni untuk menjaga fungsi sel retina agar tetap sehat dan mampu menjalankan tugasnya. Keduanya juga berperan aktif mencegah terjadinya katarak. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, ada baiknya Anda mengonsumsi buah ini setiap hari, baik secara langsung ataupun diolah menjadi jus terlebih dahulu.

4. Mengatasi kolesterol jahat 
Kolesterol merupakan momok yang cukup menyusahkan banyak orang karena dapat menyebabkan gangguan tubuh terutama pada organ seperti jantung, aliran darah, tekanan darah, hingga dapat memicu terjadinya stroke. Anda perlu mengontrol kadar level kolesterol jahat (LDL) agar tak melewati ambang batas. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengkonsumsi si kuning secara rutin karena memiliki kadar kolesterol baik (HDL) yang bisa menyeimbangkan kolesterol dalam tubuh Anda.

5. Melembabkan kulit sekaligus mengatasi jerawat
Memiliki kulit yang mulus, terhidrasi dan bebas jerawat tentu menjadi impian tiap orang. Untuk itu, Anda perlu memberikan nutrisi dari luar dan dalam. Dengan rajin mengkonsumsi buah naga, Anda akan mendapatkan banyak manfaat lantaran tingginya kadar air yang dimilikinya. Dengan kadar air yang tercukupi, kulit akan tetap lembab dari dalam secara alami.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada si naga kuning juga memberikan efek positif dalam mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Kandungan vitamin C ini bisa mengurangi peradangan yang umumnya timbul saat jerawat muncul. Caranya bisa dilakukan dengan melakukan masker pada wajah Anda. Ambil daging buah naga dan blender hingga halus. Saring airnya, dan ambil ampasnya untuk dibalurkan di muka.

6. Mengatasi kulit terbakar
Kulit memerah dan belang lantaran terbakar sinar matahari tentu cukup mengganggu penampilan Anda. Dengan memanfaatkan buah naga, Anda bisa mengatasi masalah ini dengan mudah dan murah. Siapkan sari buah naga dan campurkan sengan satu sendok sari mentimun. Tambahkan pula satu sendok madu murni. Aduk secara merata lalu lulurkan campuran tersebut ke kulit Anda yang terbakar. Biarkan hingga kering, lalu bersihkan dengan air hangat dan keringkan.

7. Detoksifikasi
Banyak alasan untuk melakukan detoksifikasi. Namun secara umum, bagaimanapun caranya, detoksifikasi bertujuan untuk membersihkan tubuh dari toksin dan segala bentuk material berbahaya lainnya. Salah satu caranya adalah dengan melakukan diet tinggi serat menggunakan buah-buahan yang dianggap mampu memberikan dampak positif pada sistem pencernaan. Outputnya, racun dalam tubuh dapat terbilas dan dikeluarkan.

Buah naga apapun jenisnya, termasuk yang berwarna kuning, memiliki kandungan yang baik untuk proses detoks. Mencampurkannya ke dalam menu diet Anda dapat membantu membasuh organ-organ penting seperti hati dan jantung. Buah ini juga cocok dikonsumsi wanita hamil yang tengah mengalami masalah konstipasi saat buang air besar.

Dari berbagai jenis buah naga yang beredar di pasaran, buah naga kuning memang dibanderol dengan harga yang cukup fantastis walaupun ukurannya lebih kecil dibanding buah naga jenis lain. Namun, di balik itu semua, terdapat banyak khasiat dan manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsinya. Jadi, Anda lebih suka buah naga warna apa? Merah? Putih? Kuning? Hitam?
Back To Top