Situs Web Kesehatan

Artikel Kesehatan

14 Khasiat Buah Ciplukan

Khasiat Buah Ciplukan_Buah mungil ciplukan/cimplukan telah lama dikenal sebagai tanaman liar yang kerap diabaikan keberadaanya karena tak terlalu memikat secara penampilan. Namun, berkat ditemukannya berbagai khasiat buah ciplukan untuk kesehatan, mendadak ciplukan naik kasta dan banyak dicari belakangan ini. Harga yang dibanderol per kilonya kini telah mencapai 250 hingga 500 ribu rupiah. Tinggi sekali bukan?
Khasiat Ciplukan
Terlepas dari harganya yang selangit, sebenarnya wajar saja jika harga buah ini melambung. Keberadaan ciplukan memang kian sulit ditemukan jaman sekarang. Di sisi lain, membudidayakannya pun juga perlu kesabaran ekstra lantaran kebanyakan pembudidayaan ciplukan berakhir kegagalan. Padahal, di dalamnya terkandung beberapa senyawa penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti saonin, polifenol, flavonoid, asam sitrun, fisalin, asam malat, alkaloid, tannin, kriptoxantin, hingga vitamin C.
Tumbuhan ciplukan
Lantaran kandungannya yang beragam dan kesemuanya yang memiliki andil besar terhadap kesehatan, khasiat buah ini tentu tak perlu dipertanyakan lagi. Lalu, apa saja khasiat buah ciplukan yang bisa Anda dapatkan? Berikut daftarnya.

1. Kaya akan antioksidan
Ciplukan memiliki kandungan antioksidan yang begitu tinggi, hingga dianggap layak untuk dijadikan sumber alami pencegahan beberapa penyakit kronis. Karotenoid dan polifenol yang terkandung di dalamnya mampu menetralkan radikal bebas yang ada di tubuh. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa perpaduan dua jenis antioksidan ini mampu menghentikan penyebaran beberapa jenis kanker.

Penelitian yang dilakukan University of Bonn di Jerman menunjukkan bahwa golden berry ini memiliki kandungan antioksidan hampir tiga kali lipat dibanding buahnya. Karenanya,di beberapa negara, ciplukan direkomendasikan untuk rajin dikonsumsi sebagai sumber alami antikanker dan penjaga imunitas tubuh.

2. Memiliki kemampuan anti-inflamasi
Manfaat ciplukan ternyata tak hanya terbatas pada buahnya saja. Bahkan daun ciplukan memiliki kemampuan untuk membantu mengurangi peradangan. Hal ini dikarenakan terdapat efek anti-inflamasi dan analgesic di dalamnya. Kedua efek ini mampu memberikan efek menenangkan sehingga lebih bisa mempercepat penyembuhan.

3. Meningkatkan imunitas
Kandungan polifenol tinggi yang ditemukan pada buah ciplukan alias golden berry disinyalir memiliki potensi untuk meningkatkan imunitas seseorang. Di samping itu, kandungan vitamin C yang cukup tinggi tentu sangat baik untuk meningkatkan stamina. Keberadaan vitamin C ini nantinya mampu merangsang produksi sel darah putih yang dikenal sebagai tameng bagi tubuh dari berbagai virus dan bakteri merugikan.

4. Menurunkan kolesterol
Kabar gembira bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam darah. Kolesterol jahat ini acapkali menjadi penyebab terjadinya hipertensi dan penyakit jantung. Untungnya, penelitian menunjukkan bahwa kandungan asam oleat dan linoleate dalam ciplukan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Tak hanya itu, kandungan ini juga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), sehingga dangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

5. Alternatif makanan diet
Anda memiliki berat badan berlebih dan tengah berjuang untuk mendapatkan berat badan normal? Tak ada salahnya untuk mencoba menjalankan diet dengan mengkonsumsi daun dan buah ciplukan. Kalori yang terdapat dalam ciplukan hanya sebesar 53 kalori per 100 gram. Rendah sekali bukan? Buah berukuran mungil ini memang merupakan asupan nutrisi yang baik bagi tubuh, tanpa sumbangan lemak yang berarti.

6. Meningkatkan fungsi mata
Buah yang terbungkus kubah menyerupai lampion ini mengandung beberapa zat yang baik untuk kesehatan mata. Sebut saja lutein, beta karoten, hingga karotenoid yang berguna untuk menghindarkan Anda dari ancaman degenerasi macula. Degenarasi macula sendiri merupakan penyebab utama kebutaan pada orang berusia senja. Tentu Anda sangat membutuhkannya untuk menjaga penglihatan Anda.

7. Mengatasi epilepsi
Epilepsi merupakan penyakit yang terjadi karena adanya gangguan sel saraf otak yang menyebabkan penderitanya mengalami kejang. Meski umumnya penyakit ini diidap karena faktor genetik, beberapa penderitanya terjangkit lantaran cedera otak akibat trauma. Meski bukan merupakan pengobatan utama, Anda bisa mengkonsumsi ciplukan sebagai makanan pendamping terapi untuk menurunkan gejala yang ada.

8. Menurunkan kadar gula darah
Penderita diabetes biasanya akrab dengan kondisi bernama hiperglikemia. Kondisi ini mengisyaratkan tingginya kadar gula darah dalam tubuh seseorang. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba untuk rutin mengkonsumsi daun ciplukan lantaran kandungan anthiperglikemia yang dimilikinya mampu menurunkan kadar gula darah. Selain itu, ciplukan juga bekerja secara langsung untuk mempengaruhi kinerja insulin.

9. Mengatasi infeksi kulit
Jika Anda sering mengalami infeksi kulit yang disebabkan luka terbuka alias borok, Anda bisa mencoba mengatasinya menggunakan daun ciplukan. Antiinflamasi yang dikandungnya memiliki efek mencegah infeksi bakteri agar tak berkepanjangan. Caranya cukup dengan membalurkan remahan daun ciplukan pada luka. Tunggu beberapa saat hingga meresap, lalu bilas dengan air bersih.

10. Membantu proses regenerasi sel
Tak banyak yang tahu jika ciplukan memiliki senyawa withanolides di dalamnya. Senyawa ini merupakan bioaktif steroid yang jarang ditemukan pada tumbuhan. Senyawa ini mampu merangsang terjadinya proses bernama apoptosis, yakni kematian sel secara terprogram. Dengan begitu, Anda dapat menghilangkan sel-sel yang tak dibutuhkan, menyeimbangkan jumlah sel dalam tubuh, serta menyingkirkan sel berbahaya.

11. Mengobati tuberkolosis
Tuberkolosis atau lebih dikenal dengan nama TBC telah lama menjadi momok yang menghantui masyarakat Indonesia. Untungnya kini telah ditemukan obat herbal untuk mengatasinya, yakni ciplukan. Beberapa uji aktivitas telah menunjukkan hasil bahwa ekstrak murni daun ciplukan mampu menghambat pertumbuhan Mycobacterium tuberculosis yang menyebabkan TBC.

12. Mengobati radang tenggorokan dan flu
Musim penghujan sebentar lagi datang. Pada saat itu penyakit flu dan radang tenggorokan rentan muncul dan mudah menular. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengandalkan bagian dari pohon ciplukan yang telah dikeringkan. Caranya mudah, yakni tinggal merebusnya ke dalam air mendidih dan minum sebanyak 3 kali sehari. Ramuan ini dipercaya berkhasiat untuk meredakan flu dan radang tenggorokan.

13. Mencegah diabetes
Bagi Anda yang tercatat merupakan keturunan penderita diabetes, tentu ancaman untuk menderita penyakit yang sama memiliki kemungkinan lebih besar dibanding yang lainnya. Tak hanya menyerang kalangan berumur senja, kini diabetes telah merangsek menyerang penderitanya bahkan di usia produktif.

Untuk mencegahnya, Anda bisa memulai dengan memperhatikan konsumsi makanan sehari-hari. Jangan lupa masukkan ciplukan ke dalam menu sehat harian Anda. Buah berukuran kecil ini memiliki senyawa yang dapat menatur dan mengendalikan jumlah gula dalam darah. Karenanya, konsumsi ciplukan setiap hari dapat membantu Anda menghindari penyakit diabetes.

14. Penawar racun
Diakui atau tidak, tubuh manusia pasti memiliki kandungan racun ataupun toksin di dalamnya. Yang membedakan adalah kadar jumlahnya, entah banyak atau sedikit. Ciplukan bisa difungsikan sebagai penawar racun karena mampu mengurangi kadar garam dan lemak berlebih dalam tubuh. Mengonsumsinya secara teratur akan membantu menjaga kesehatan hati dan ginjal agar dapat tetap menjalankan fungsinya dengan maksimal.

Khasiat buah ciplukan di bidang kesehatan memang sangat banyak dan beragam. Tak hanya buahnya saja, bahkan daun, batang pohon, hingga akarnya bisa digunakan untuk ramuan pengobatan. Sungguh berguna sekali tanaman berbuah mungil ini.
Back To Top